24.10.13

Bendung Gembiro

Salah satu bendungan yang cukup dikenal di Kabupaten Pekalongan adalah Bendung Gembiro. Bendungan ini terletak di Kali Sragi di antara Desa Krandon Kecamatan Kesesi dan Desa Bukur Kecamatan Bojong.

Penamaan bendungan terrsebut mengambil salah satu nama tempat terdekat bendungan yaitu Dusun Gembiro Desa Krandon. Luas seluruh kawasan bendungan ini 996 ha ( saya tidak menyangka areal bendungan seluas ini ). Bangunan ini dibangun pada waktu penjajahan Belanda tepatnya tahun 1930. Tahun 1974 bendungan ini direhab oleh Sub Proyek Pemali-Comal dari Prosida.


Lokasi sekitar bendungan ini biasa digunakan tempat nongkrong anak-muda. Pemandangan yang cukup indah dan tempat yang teduh menjadikan magnet tersendiri bagi anak muda untuk sekedar kongkow. Beberapa orang terlihat sedang memancing di sepanjang aliran kali di sekitar bendungan.

Setahun sekali bendungan dibuka. Pada saat bendungan dibuka, warga banyak yang menyaksikan. Setelah air mulai surut, banyak ikan yang muncul di permukaan air. Warga telah siap menangkap dengan membawa jaring dan peralatan lainnya. Pesta ikan ini dilaksanakan pada setiap tanggal 1 Oktober atau 1 Nopember.

Pintu air Bendungan Gembiro


Salah satu lokasi pemancingan di sekitar bendungan

Nongkrong di sekitar bendungan

Pabrik pembuat baja bendungan


No comments:

Post a Comment